Selasa, 28 September 2010

ETIKA POLITIK

Etika Politik adalah filsafat moral tentang dimensi politis kehidupan manusia.

Apa itu etika politik?
a.Filsafat
Filsafat adalah ilmu yang bertujuan untuk menangani pertanyaan-pertanyaan mahapenting yang di luar kemampuan metodis ilmu-ilmu pengetahuan khusus itu secara metodis, sistematis, kritis dan berdasar, pendek kata secara rasional dan bertanggung jawab.
Etika Politik
Dengan bertolak dari martabat manusia sebagai pribadi yang social, etika sosial, membahas norma dan moral yang seharusnya menentukan sikap dan tindakan antarmanusia.
Arti Kata “moral”
Kata “moral” selalu menunjuk pada manusia sebagai manusia. Maka kewajiban moral dibedakan dari kewajiban-kewajiban lain, karena yang dimaksud adalah kewajiban manusia sebagai manusia, dan norma moral adalah norma untuk mengukur betul-salahnya tindakan manusia sebagai manusia.


Jadi menurut saya etika politik dalam buku ini adalah bagaimana sikap dan tindakan-tindakan berpolitik harus dilandasi oleh moral dan norma yang diterapkan dalam kehidupan berpolitik dan bermasyarakat. Serta berpolitik pula harus mengangkat martabat manusia sebagai pribadi sosial yang tidak hanya memikirkan kekuasaan dan jabatan pribadinya. Karena moral dan norma sangatlah penting dalam melandasi berpolitik yang baik sebagai alat ukur betul-salahnya tindakan manusia dalam berpolitik.
Cara berpikir politik kita pun harus kritis dan rasional dalam bertanggungjawab atas keputusan yang telah kita diambil. Kita tidak boleh mencontoh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab atas keputusan yang telah diambilnya, seperti anggota DPR yang hanya memikirkan pribadinya sendiri, padahal waktu pemilihan anggota DPR mereka menjanjikan ini dan itu, tetapi setelah menjadi anggota DPR mereka lupa dengan janji-janjinya. Mereka malah bukan melihat orang-orang kecil yang ada di sekitar mereka tetapi bagaimana mereka harus bisa balik modal walau dengan menghalalkan segala cara. Nah, di sinilah etika politik tidak lagi memanamkan norma-norma dan moral-moral yang ada dalam dunia politik dan masyarakat.



Daftar Pustaka :
.1Magnis-Suseno, Franz. Etika Politik: Prinsip-prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern certakan ketiga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar